23 February 2009

Jadilah Cermin Yang Memantulkan

Shuhba  Mawlana Syekh Muhammad Nazim Adil Al-Haqqani QS 

A'uudzubillaahi minasy syaythaanir rajiim
Bismillaahir rahmaanir rahiim
Wash-shalaatu was-salaamu 'alaa asyrafil Mursaliin Sayyidinaa wa Nabiyyina Muhammadin wa 'alaa aalihi wa Shahbihi ajma'iin 

Bumi tak memiliki cahaya sendiri, namun dengan pantulan dari cahaya matahari dia menerangi rembulan, dan walaupun bumi tak mampu memegangi planet besar di orbitnya dia tetap mampu memegang bulan.  Hendaknya kalian mengambil kebijaksanaan dari teladan ini.  Bahkan bila kalian belum sempat diberi kekuatan untuk bersinar, cobalah untuk menjadi cermin, untuk memantulkan cahaya-cahaya tersebut.  Hanya karena kalian belum dapat menjadi alat bagi pemandu orang banyak, bukanlah berarti kalian tak dapat mempengaruhi beberapa orang dan membantu mereka kepada tarekat.


Berlakulah seikhlas mungkin terhadap orang-orang, maka cahaya sufi mungkin datang kepada kalian dan melewati kalian.  Dan janganlah berputus asa bila hanya sedikit orang yang tertarik, atau bahkan bila hanya seorang saja yang terpengaruh dengan kehadiran kalian di tengah masyarakat. Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, “Barangsiapa yang membimbing satu orang kepada kebenaran, telah memiliki lebih baik dari alam semesta beserta isinya, karena dia telah memiliki kesenangan Rabb-Nya". 

No comments: