20 May 2008

Jika Spiritualitas Tak Mampu Berkembang

A'uudzubillaahi minasy syaythaanir rajiim
Bismillaahir rahmaanir rahiim
Wash-shalaatu was-salaamu 'alaa asyrafil Mursaliin Sayyidinaa wa Nabiyyina Muhammadin wa 'alaa aalihi wa Shahbihi ajma'iin



Pada awalnya sulit untuk memerangi ego dan mengikuti jalan surga. Namun segalanya menjadi baik saat kalian telah mencapai kemampuan menyelamatkan diri dari kekangan ego. Seperti sebuah roket yang memerlukan kekuatan penuh untuk melampaui atmosfer udara, setelah itu segalanya menjadi mudah. Sepanjang kalian masih di bawah pengaruh ego, kalian tak dapat melakukan apapun, sebab kalian membawa beban berat. Cobalah untuk membebaskan diri dari keinginan buruk ego kalian. Mereka takkan ada habis-habisnya. Jika kalian mencoba memenuhi satu keinginannya, maka keinginan yang lain pun akan datang. Setelah dipenuhi, yang selanjutnya akan datang lagi. Hentikan, maka kalian akan bebas. Untuk ini kalian perlu sebuah buku untuk mencatat titik-titik kelemahan kalian. Sehingga dapat mengetahui bagaimana memperlakukan diri sendiri. Jika kalian tak mampu melakukannya, carilah mereka yang dapat menolong. Layaknya seorang yang sedang sakit, mereka perlu obat, dan setelah beberapa lama ternyata hal itu tidak cukup. Lalu kalian pergi ke dokter untuk memberi perawatan selanjutnya.

Secara spiritual, setiap orang juga harus merawat diri mereka sendiri. Hal itu diperbolehkan jika kalian mampu melakukannnya sendiri dan berkembang. Jika tidak, kalian harus bertanya pada seseorang yang tahu bagaimana membawa kalian menuju tujuan spiritual.

No comments: