15 November 2008

Menghadapi Kesulitan

Shuhba  Mawlana Syekh Muhammad Nazim Adil Al-Haqqani QS 

A'uudzubillaahi minasy syaythaanir rajiim
Bismillaahir rahmaanir rahiim
Wash-shalaatu was-salaamu 'alaa asyrafil Mursaliin Sayyidinaa wa Nabiyyina Muhammadin wa 'alaa aalihi wa Shahbihi ajma'iin 

Kesulitan akan menimpa setiap orang yang datangnya dari Allah SWT Yang Maha Besar. Beberapa kesulitan datang tanpa sebab kehendak kita, sementara beberapa yang lain karena tindakan yang salah yang berasal dari keinginan kita.

Kadang-kadang kesulitan datang dari Kehendak Allah SWT, untuk memberikan kalian derajat yang lebih tinggi. Kesulitan datang untuk menghapus segala dosa kalian, dan langkah-langkah kalian yang salah.  Oleh karena itu bagi kesulitan yang datang meskipun kita tidak berbuat dosa dan kesalahan, hal ini merupakan Kehendak Allah SWT semata, maka kita harus banyak bersabar.

Kesulitan yang datang karena tindakan kita sendiri, adalah sebagai pelajaran agar  kalian berhati-hati menjaga segala tindakan kalian, karena langkah kalian yang salah  akan membuat kalian sengsara dan menderita.  Pada saat itu jangan salahkan orang lain, salahkanlah dirimu sendiri. Koreksi setiap langkah kalian, karena hal ini berarti ada sesuatu yang salah dari tindakan kalian.  Kalian bisa  mengerjakan langkah yang salah maupun langkah yang benar, tetapi bila kalian menyadari langkah kalian adalah salah, cepat-cepatlah memperbaiki langkah kalian yang buruk, kalau tidak kalian akan jauh lebih menderita!

Wa min Allah at Tawfiq

No comments: