23 June 2008

Tua-Muda sebaiknya Berbaur

Shuhba Mawlana Syekh Muhammad Nazim Adil Al-Haqqani QS

A'uudzubillaahi minasy syaythaanir rajiim
Bismillaahir rahmaanir rahiim
Wash-shalaatu was-salaamu 'alaa asyrafil Mursaliin Sayyidinaa wa Nabiyyina Muhammadin wa 'alaa aalihi wa Shahbihi ajma'iin


Seperti yang pernah dituturkan oleh Nabi Daud AS, bahwa dari waktu ke waktu mereka yang berusia lanjut harus berbaur dengan yang masih muda. Energi yang muda akan terserap dan membangkitkan kekuatan fisik mereka. Bila yang tua hanya duduk-duduk dengan yang tua maka mereka akan semakin lemah dan cepat meninggal. Kadang kala, mereka seharusnya keluar dan melihat anak-anak bermain.

Di saat yang bersamaan, kaum muda harus mau belajar dari kaum tua yang telah melewati berbagai ujian hidup. Mereka tidak bisa mengalami semua itu, kecuali mengunjungi kaum tua untuk mendengarkan apa yang mereka katakan. Jika mereka saling tertarik maka pertemuan itu akan berkembang. Orang tua punya banyak pengalaman yang ingin mereka ungkapkan. Hal itu merupakan kesenangan dan kepuasan bagi mereka dengan cara berbagi. Setiap orang dianugerahi pengalaman yang berbeda-beda dari Sang Pencipta. Dalam suatu perjalanan hidup yang panjang, kami telah belajar banyak, menyebrangi berbagai jembatan di mana kaum muda belum sampai ke sana.


Wa min Allah at tawfiq

No comments: